Aqiqah Abah Wahid

Aqiqah Abah Wahid – Aqiqah Abah Wahid solusi tepat bagi anda yang hendak mengadakan hajatan syukuran atas kelahiran putra/putri anda dengan ibadah aqiqoh, Aqiqah Abah Wahid melayani pemesanan aqiqoh di wilayah kediri, aqiqoh di wilayah jombang dan aqiqoh di mojokerto.Aqiqah-Abah-Wahid

KONTAK AQIQAH ABAH WAHID
Informasi dan Pemesanan
081 330 235 232
085 735 066 515 (WA)
Pin BB 5F0D1C00

Banyak sudut pandang yang menjadikan anak begitu penting dalam kehidupan seseorang, Ketidak-hadiran sosok buah hati, tidak jarang membuat hilangnya makna kebahagiaan dalam hidup, Sehingga segala ungkapan rasa bahagia tiada hingga disematkan pada saat sosok mungil nan lucu terlahir di hadapan.

Anak adalah anugerah, anak adalah harta tiada tara, anak adalah belahan jiwa dan lain sebagainya. Begitulah para orang tua menilai kehadiran anak yang berujung pada kesadaran untuk mensyukurinya.

Rayakan momen spesial lahirnya si buah hati Anda dengan ibadah Aqiqah, Kelahiran seorang anak bagi sebuah keluarga akan menambah kebahagiaan dan kerukunan rumah tangga. Mengikut sunnah Rasulullah SAW, mengadakan Aqiqah dan memberikan dagingnya sebagai sadhaqah kepada tetangga akan menambah keberkahan dan lebih mempererat tali silaturahim.

Mengadakan Aqiqah juga merupakan cerminan rasa suka cita dan bahagia atas kelahiran seorang anak.
Sabda Nabi SAW:Barang siapa yang dikaruniai seorang anak, lalu ia bersuka cita/menyukainya hendak membaktikannya (mengaqiqahinya), maka hendaklah ia melakukannya.

Membekali anak dengan dasar syariat sejak dini merupakan wujud tanggung jawab orang tua kepada si anak dalam mengarungi kehidupan yang jauh lebih berat dari yang dihadapi orang tuanya pada saat sekarang khususnya dalam menegakan hukum-hukum Allah dimuka bumi ini.

Berikut ini beberapa hal seputar Aqiqah :

A.       DO’A UNTUK BAYI BARU LAHIR

Abu Musa berkata; “Aku pernah memliki seorang anak yang baru lahir, lalu aku serahkan kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, kemudian beliau memberinya nama Ibrahim dan mentahniknya (mengunyahkan kurma kemudian menyuapkan ke mulut bayi) dengan kurma, setelah itu beliau mendo’akannya dengan keberkahan, lalu beliau mengembalikannya kepadaku.” ( Hr Bukhary )

Berdasarkan hadits di atas, disebutkan bahwa Nabi menyampaikan do’a keberkahan untuk sang bayi tanpa menyebutkan redaksi khusus. Dengan demikian, redaksi do’a untuk sang bayi baru lahir diserahkan sepenuhnya kepada kita disesuaikan dengan kemampuan dan bahasa masing-masing. Dan tidak ada salahnya kita memakai salah satu redaksi do’a untuk bayi baru lahir sebagaimana berikut :
أُعِيْذُكَ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَامَّةِ، مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَاَّمةٍ
Aku berlindung untuk anak ini dengan kalimat Allah Yang Sempurna dari segala gangguan syaitan dan gangguan binatang serta gangguan sorotan mata yang dapat membawa akibat buruk bagi apa yang dilihatnya.
( al-Muntaqa min Fatawa Syaikh Shalih Fauzan )

B.     PENGERTIAN ‘AQIQAH

Menurut bahasa, “Aqiqah” artinya memotong. Karena dalam aqiqah ada pemotongan hewan.
Untuk itu, berdasarkan tinjauan bahasa, aqiqah seyogyanya indentik dengan pemotongan atau penyembelihan hewan.
Sebagian yang lain mengatakan bahwa ‘aqiqah itu arti asalnya adalah Rambut yang terdapat pada kepala si bayi ketika ia keluar dari rahim ibu.
Karenanya salah satu prosesi aqiqah adalah mencukur rambut bayi.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengertian Aqiqah adalah :
Sembelihan Kambing (Domba) dengan niat mendekatkan diri kepada Allah,sebagai ungkapan rasa syukur atas anugerah yang tiada tara dengan lahirnya buah hati tercinta, meliputi pemotongan domba dengan kualitas terbaik sesuai kemampuan, memberi nama bayi, mencukur rambut bayi, serta bersedekah dengan emas/perak seberat rambut bayi tersebut.

C.    HUKUM AQIQAH
Mayoritas ulama berpendapat bahwa hukum aqiqah adalah Sunnah Muakkadah (Sunnah yang Utama).
Sehingga para orang tua sangat dianjurkan menunaikannya.

D.    HIKMAH AQIQAH
Syaikh Abdullah nashih Ulwan menyebutkan beberapa hikmah aqiqah sebagaimana  berikut:

a. Menghidupkan sunnah Nabi Muhammad SAW
b. Terlindung dari gangguan syaitan.
c. Tebusan’ yang berfungsi syafaat bagi kedua orang tuanya kelak pada hari perhitungan.
d. Merupakan bentuk taqarrub (pendekatan diri) kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala sekaligus sebagai wujud rasa syukur atas karunia yang dianugerahkan Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan lahirnya sang anak.
e. Aqiqah sebagai sarana menampakkan rasa gembira dalam melaksanakan syari’at Islam & bertambahnya keturunan mukmin yang akan memperbanyak umat Rasulullah SAW pada hari kiamat.
f.  Aqiqah memperkuat ukhuwah (persaudaraan) diantara masyarakat.

Dan masih banyak lagi hikmah yang terkandung dalam pelaksanaan Syariat Aqiqah ini

E.     PROSESI IBADAH AQIQAH

1.Hewan Aqiqah
a. Jumlah Hewan Aqiqah
Khusus mengenai ‘aqiqah, jenis hewan yang dipergunakan sebagai sembelihan hanya berupa kambing ( domba ), baik jantan atau betina, dengan ketentuan berbeda bagi bayi laki-laki dan perempuan sebagaimana dijelaskan dalam riwayat berikut ini :

Dari Ummu Kurz AI-Ka’biyah, Rasulullah SAW bersabda,: “untuk anak laki-laki dua ekor kambing dan untuk anak perempuan satu ekor kambing. Tidak menyusahkanmu baik kambing jantan maupun betina”. ( HR. Ahmad dan Tirmidzi ).

2. Memberi Nama Anak
Nama merupakan media untuk menyimpan harapan ( do’a ) dari orang tua pada anaknya kelak di kemudian hari. Dengan demikian, berilah nama anak yang sebaik-baiknya merujuk pada nama orang-orang yang shaleh seperti para Nabi, sahabat dan para shalihin lainnya.

Dari Ibnu Abbas, Rasulullah bersabda : kewajiban orang tua terhadap anak adalah memberinya nama yang baik dan medidiknya agar berakhlak mulia ( HR. Baihaqi )

3. Mencukur Rambut
Mencukur rambut adalah anjuran Nabi yang sangat baik untuk dilaksanakan ketika anak yang baru lahir pada hari ketujuh. Dalam hadits Samirah disebutkan bahwa Rasulullah saw. Bersabda, “Setiap anak terikat dengan aqiqahnya. Pada hari ketujuh disembelihkan hewan untuknya, diberi nama, dan dicukur”. (HR. at-Tirmidzi).
Pencukuran tersebut harus dilakukan dengan rata, tidak boleh hanya mencukur sebagian kepala dan sebagian yang lain dibiarkan.

Tag:,

Related to Aqiqah Abah Wahid